Pages

Hari sekarang

Aku dan Tunagrahita

Aku dan Tunagrahita

Jumat, 22 November 2013

Sejarah pendidikan bagi Tunagrahita (umum)

SEJARAH PENDIDIKAN ANAK TUNAGRAHITA
1.      Sejarah Umum Pendidikan Anak Tunagrahita
Sejarah otopedagogik (pendidikan) anak tunagrahita merupakan sebagian dari sejarah pendidikan anak-anak berkelainan pada umumnya, baik yang berkalainan jasmani maupun rohani. Sepanjang data historis yang ada perkembangan pendidikan anak tunagrahita sejalan dengan pandangan masyarakat dari zaman ke zaman terhadap mereka. Masyarakat menganggap mereka sebagai manusia yang tidak mempunyai hak yang sama seperti orang-orang yang normal, merka belum mendapat perlakuan dan pendidikan yang layak sebagaimana mestinya. Seperti halnya pendidikan anak berkelainan pada umumnya, pendidikan anak tunagrahita baru muncul apabila telah ada pandangan dan perhatian masyarakat terhadap mereka khususnya terdapat sifat kodrati, kebutuhan-kebutuhan, dan hak-hak mereka. Setelah disadari barulah orang memelihara dan mendidiknya. Dapatlah dikatakan  bahwa perkembangan terhadap anak tunagrahita adalah sebagian dari perkembangan peradapan pada umumnya.
        Di Eropa, perkembangan pendidikan anak berkelainan termasuk anak tunagrahita dalam garis besarnya telah menjalani tiga periode (Frampton dan Gall, 1955:4)
a.       Periode zaman primitive dan purbakala. Zaman ini berlangsung sekitar tahun 1550 sebelum masehi sampai kira-kira tahun 476 SM. Perlakuan merka terhadap anak tunagrahita dapat diketahui dengan menganalisis filsafat sosial hidup pad zaman itu.
b.      Periode zaman abad pertengahan. Zaman ini berlangsung sekitar tahun 500 -1500 M. Pada zaman ini perhatian yang sifatnya filantrolis (kasih sayang) terhadap yang tunanetra dan tunarungu telah ada, demikian pula terhadap tunagrahita.
c.       Periode zaman modern. Zaman ini berlangsung  sejak tahun 1500 M sampai sekarang. Zaman inilah merupakan zaman yang sesungguhnya bagi pendidikan anak yang berkelainan termasuk anak tunagrahita. Zaman ini didukung oleh adanya penelitian-penelitian yang sifatnya ilmiah.
 Prof.Drs.H.Moh.Amin,Dipl.H.P(1995).Ortopedagogik Anak Tunagrahita.Bandung



2 komentar:

Unknown mengatakan...

terimakasih kakak atas infonya, sangat bermanfaat :)
kalau sejarah khususnya bagaimana ya ? apa juga sejalan dengan yang umum ?

Ari Sandra Prasetyana mengatakan...

sama-sama :) kalau sejarah khusus itu mengacu ke nasional/daerah tertentu. kalau umu itu untuk seluruh internasional,tdk hnya daerah atau negara saja :)

Posting Komentar