Pages

Hari sekarang

Aku dan Tunagrahita

Aku dan Tunagrahita

Rabu, 06 November 2013

Hubungan CA dan MA dalam Tunagrahita

Sebagaimana diketahui individu tunagrahita memiliki kemampuan/kecerdasan intelegensi rendah/kurang dan keterbatasan adaptasi dengan lingkungan.

Yang dimaksud dengan kecerdasan dibawah rata-rata adalah apabila perkembangan umur kecerdasa (Mental Age/MA) seseorang terbelakang atau dibawah pertumbuhan usianya (Chronological Age/CA).Ralph Leslie Johns (1950; 271-272) menerangakan:

Chronological Age: the number of years, weeks, days and hours the individual has been in the world; mental age: his intellectual capacity in terms of his ability to do what average children of any given chronolocal age can do.

John (1950:300) juga menerangkan:

Chronological Age: the duration of the person’s life from birth to the date under consideration; Mental Age: development in intellegence stated in terms of equaling the average child’s performance at any given chronolocial age.

Dari kedua penegrtian diatas dapat disimpulkan bahwa CA adalah umur kelahiran, yaitu usia yang dihitung sejak anak lahir sampai usia anak sekarang.

MA adalah perkembangan kecerdasan dalam hal rata-rata penampilan anak pada usia tertentu, misalnya seorang anak berusia 8 tahun (CA-nya 8tahun) .Jika MA-nya 5 tahun berati perkembangan kecerdasannya kurang lebih sama dengan anak rata-rata (normal) yang berusia 5 tahun.Untuk menentukan kecerdasan (MA) seseorang ialah dengan pengukuran psikologis khususnya dengan tes inteligensi.
Individu dikatan normal (rata-rata) apabila MA-nya sama atau hampir sama dengan CA-nya.Apabila MA individu pada posisi diatas CA-nya maka individu tersebut tergolong anak cerdas(di atas normal).Dan sebaliknya apabila MA berada dibawah CA-nya maka individu tersebut tergolong kecerdasannya terbelakang dan jika individu itu disertaiu keterbelakangan dalam beradaptasi dengan lingkungan maka dia disebut anak tunagrahita.

Kecerdasan seseorang biasanya dikatakan IQ (Intelligence Quotient), ada 2 cara untuk mengetahui IQ :

1.Membagi MA dengan CA lalu dikali 100
IQ = MA/CA x 100

2.Menggunakan tabel tentang perkembangan anak normal seperti tabel dibawah 

Bayi baru lahir
Dapat minum menggunakan botol,apabila jarinya dipegang dia akan merespon dengan menggenggam tangan kita.
Pada mingguan keempat
Dapat melihat benda-benda disekitarnya.
Umur 6 bulan
Dapat menangkap benda-benda yang digantungkan didepannya tanpa pertolongan.
Umur 10-11 bulan
Telah dapat berkata : ‘dada’, ‘mama’, ‘ibu’, dan ‘bapa’.
Umur 1 tahun
Dapat berbicara menggunakan 3 sampai 4 kata.
Umur 14 bulan
Umumnya dapat berjalan.
Umur 18 bulan
Dapat menyebut bagian-bagian badan seperti: hidung, mata, dan lain sebagainya.
Umur 2 tahun
Dapat menyusun kalimat yang terdiri dari 2 suku kata,mendengarkan cerita dan membedakan gambar.
Umur 3 tahun
Telah dapat bercakap-cakap menggunakan 5 sampai 6 suku kata.
Umur 4 tahun
Dapat menghitung sampai 10,menunjukkan kecepatan dalam memperkaya perbendaharaan kata.
Umur 5 tahun
Dapat mengadakan percakapan,dapat menyebutkan 4 atau lebih benda yang dilihatnya.
Umur 6 tahun
Dapat mencontoh lambang bunyi(huruf) dan telah siap masuk sekolah.



Sumber : Prof.Drs.H.Moh.Amin,Dipl.H.P(1995).Ortopedagogik Anak Tunagrahita.Bandung

0 komentar:

Posting Komentar